Makanan-yang-Baik-untuk-Ibu-Hamil-Menurut-Islam

6 Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Menurut Islam Anjuran Rasulullah

6 Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Menurut Islam Anjuran Rasulullah – Kehamilan merupakan sebuah anugerah yang dnanti-nanti oleh para pasangan suami-istri. Terlebih bagi mereka yang sudah lama menikah dan baru diberikan amanah baru-baru ini. itulah mengapa kandungan ibu hamil harus selalu dijaga agar tidak sia-sia penantian selama ini.

Jika Anda adalah salah satu ibu hamil yang alhamdulillah sedang menerima amanah dari Allah berupa hamil. Maka berikut adalah anjuran Rasulullah SAW berupa makanan yang baik untuk ibu hamil menurut Islam. Rasulullah menekankan pentingnya perhatian terhadap ibu hamil karena akan dapat mempengaruhi psikis dan spiritual anak dalam kandungan. Apa sajakah makanan tersebut? Simak selengkapnya berikut ini :


BACA JUGA :


Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Menurut Islam

Jambu

Hal ini tersebut dalam sebuah riwayat Yahya bin Yahya dari Khalid bin Ma’dan.

“Makanlah kalian buah jambu, karena dengan memakannya bisa membuat tampan atau cantiknya anak (yang ada dalam kandungan).”

Kacang Luban (Kemenyan Arab)

Buah ini merupakan jenis buah yang sering ditemukan di wilayah Oman, Yaman, dan Somalia. Buah ini juga ternyata sangat bermanfaat baik bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Hal ini sebagaimana hadits Rasulullah SAW :

“Wahai wanita-wanita yang sedang hamil, berilah putra-putri kalian dengan kacang luban, karena hal itu bisa menambah baik pertumbuhan (kecerdasan) anak dan bisa menghilangkan lendir (lemak), bisa menjadikan kuat daya hafalannya, dan bisa menghilangkan sifat pelupa.”

This image has an empty alt attribute; its file name is cara-mendapatkan-anak.jpg

Buah Kurma Segar

Bukan hal yang baru lagi bahwa kurma sangat baik untuk ibu hamil. Karena buah kurma kaya akan karbohidrat, kalium, dan kalsium. Selain itu, buah kurma juga sangat baik untuk mempermudah persalinan. Rasulullah SAW bersabda,

“Berikanlah buah kurma kepada istri kalian pada bulan ke sembilan kehamilannya karena hal itu dapat membuat anak yang ia lahirkan menjadi orang yang berhati lembut dan bersih.”

Buah Pir

Rasulullah Saw bersabda, “Makanlah buah pir karena buah itu dapat membuat terang penglihatan dan menumbuhkan rasa cinta dalam hati. Dan berikanlah buah ini kepada ibu yang sedang mengandung karena dapat mempercantik anak kalian.”

Serat yang terkandung dalam buah pir lebih banyak daripada buah apel. Pir juga memiliki kandungan folat yang terbukti bisa mencegah cacat pada syaraf bayi.

Semangka

Buah sehat anjuran Rasulullah SAW yang terakhir untuk ibu hamil adalah buah semangka. Ternyata buah semangka yang manis itu, memiliki kandungan air yang sangat banyak yakni mencapai 90 persen dari berat semangka tersebut. Rasulullah saw bersabda :

“Tidak ada seorang perempuan hamil yang makan buah semangka, kecuali anak yang terlahir dengan wajah dan fisiknya bagus,” (Hadits ini bersumber dari Abul Abbas Al-Mustaghfiri dalam kitab Thibbun Nabi. Kutipan oleh Mustadrak Al-Wasail 2: 619).

Kelapa Segar

Buah ini sangat mudah ddapat karena penyebaran serta pertumbuhannya bisa dmana saja. Buah kelapa segar baik bagi ibu hamil karena sangat bermanfaat untuk kandungan. Rasulullah SAW bersabda :

“Ibu yang sedang hamil hendaknya makan buah kelapa karena ia dapat menjadikan bau anaknya menjadi harum dan warna kulitnya bersih,” Hadits ini bersumber dari Muhammad bin Ya’qub (Al-Wasail 15: 133, hadits ke-1).

Demikian, semoga bermanfaat.

This image has an empty alt attribute; its file name is cara-mendapatkan-anak.jpg

Tinggalkan komentar